Senin, 19 Juni 2017

Tips Memilih Barang Elektronik Supaya Hemat Listrik

Bagi para pasangan suami istri yang baru menempati rumah baru, pasti ada keinginan untuk mengisi rumah dengan berbagai perabotan dan barang-barang elektronik. Nah berikut ini adalah beberapa teknik yang bisa membantu anda menghemat listrik, yang nantinya berujung pada penghematan pengeluaran rumah tangga.

1. Pilih AC (Air Conditioner) yang tepat.
Langkah pertama adalah mengukur luas ruangan anda, biasanya penjual  atau toko yang menjual AC sudah dilengkapi tabel yang menunjukkan luas ruangan dengan jenis AC yang direkomendasikan. Bila kamar atau ruangan yang akan dipasangi AC berukuran 3 x 3 meter, maka AC 1/2 atau 3/4 PK sudah cukup untuk mendinginkan ruangan.

Langkah kedua adalah memilih AC yang dilengkapi dengan teknologi Low Watt, teknologi ini sangat efektif dalam menghemat listrik. Meskipun AC Low Watt sedikit lebih mahal dari AC biasa, namun ini akan sepadan dengan penghematan listrik anda di kemudian hari.

Langkah ketiga adalah setting AC dengan benar, tidak perlu sampai 16 derajat celcius. Semakin dingin AC tentunya listrik yang dibutuhkan akan semakin besar. Setting AC sesuai dengan keperluan anda dan kondisi cuaca di sekitar rumah anda.

2. Pilih Mesin Cuci berteknologi Low Watt
Selain AC, barang elektronik lain yang banyak mengkonsumsi listrik adalah mesin cuci. Apapun pilihan mesin cuci anda, baik top loading atau front loading pastikan yang ada teknologi Low Watt - nya. Karena baik mesin cuci maupun fitur pengering mesin cuci sangat menyedot listrik.

3. Ganti semua lampu biasa dengan lampu LED.
Meskipun lampu LED lebih mahal daripada lampu biasa, namun lampu jenis ini sangat efisien.
Perbandingannya adalah bila lampu biasa perlu 15 Watt, maka lampu LED  7 Watt mampu menghasilkan terang yang sama.

4. Kulkas yang hemat listrik
Kulkas jenis ini biasanya ada label hemat energi atau kulkas diberi keterangan Low Watt.

5. Membeli Setrika / Gosokan yang hemat listrik
Setrika model baru sudah dilengkapi fitur pengontrol suhu otomatis, yang membantu anda menurunkan konsumsi listrik.

6, Membeli Pompa Air sesuai dengan kebutuhan
Bila anda tidak menggunakan air PAM, maka anda akan menggunakan pompa air untuk memompa air tanah, hal ini lazim disebut dengan sumur pantek. Nah bila rumah tangga anda menggunakan sumur pantek, pastikan daya pompa sesuai dengan kedalaman air tanah. Jangan sampai salah memilih daya pompa air, karena bila tidak tepat, hal ini akan menyebabkan pemborosan listrik. Sebelum membeli pompa listrik, diskusikan dulu dengan toko penjual atau dengan tukang yang mengerjakan sumur pantek anda.

Pembaca yang budiman, pada intinya adalah pilihlah semua peralatan elektronis yang berteknologi Low Watt dan kurangi penggunaan alat tersebut pada jam premium yakni antara jam 18.00-22.00 WIB. Karena tarif listrik akan naik signifikan pada jam tersebut di atas. Dengan mempraktekkan metode penghematan listrik di atas, saya berhasil menekan biaya listrik tiap bulannya dari yang sebelumnya 500 ribu per bulan sekarang menjadi hanya 300 ribu per bulan. Semoga pembaca juga berhasil menekan biaya listrik per bulan seperti saya, 200 ribu kan lumayan penghematannya, otomatis gaji tiap bulan yang kita dapatkan, bisa digunakan untuk pos pengeluaran yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar